Dalam rangka menyambut tahun ajaran dan murid-murid baru, SD Muhammadiyah 7 dan SMP Muhammadiyah 8 Antapani Bandung mengadakan Forum Ta’aruf dan Orientasi Siswa (Fortasi) tahun ajaran 2022-2023.

Kegiatan Fortasi tahun ini mulai diadakan per hari senin, yakni tanggal 18 Juli dan akan berakhir pada Sabtu 23 Juli 2022/ Senin-Sabtu. Adapun untuk tema yang diusung pada Fortasi kali ini adalah “Aktualisasi Nilai Kemandirian Wujudkan Pelajar berkarya nyata.

Pada hari pertama pelaksanaan fortasi, para siswa baru yang total berjumlah 140 siswa begitu antusias dan bahagia. Bersama-sama mereka mengikuti rangkaian hari pertama Fortasi dengan tertib tanpa mengalami kendala apa pun.

Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 8, Taofik Yusmansyah berharap agar penyelenggaraan Fortasi tak hanya memperkenalkan para murid baru pada lingkungan sekolahnya, tetapi dirinya berharap kedepannya para siswa baru juga bisa memperoleh kebahagiaan selama proses bersekolah.

“Sekolah adalah institusi mulia. Kemuliaan harus diawali kebahagiaan. Harapannya anak-anak kita datang ke sekolah dengan penuh kegembiraan, sehingga kelak mereka belajar dengan gembira dan mendapatkan hasil yang diharapkan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepada Sekolah SD Muhammadiyah 7, Iwan Kurniawan bersyukur karena acara Fortasi bisa dilakukan secara tatap muka langsung. Selain itu, dirinya mengatakan bahwa SD Muhammadiyah 7 kedepannya akan menyambut tahun ajaran dan kurikulum baru dengan semangat dan kebahagiaan demi kenyamanan para siswa.

InsyAallah di SD Muhammadiyah 7 Bandung ini kita akan melaksanakan semua hal untuk dan agar anak-anak kita bisa belajar dengan nyaman dan bahagia,” ucapnya.

Seperti yang diketahui, Fortasi merupakan masa pengenalan sekolah untuk mengenalkan para murid baru pada lingkungan SD dan SMP Muhammadiyah Antapani Bandung.

Dalam pelaksanaannya, Fortasi tak sekadar berisi penjelasan tentang hal-hal terkait lingkungan dan budaya sekolah saja, tetapi di dalamnya dilakukan pula berbagai kegiatan yang akan mendidik para siswa baru untuk memiliki kemampuan dan nilai penting, seperti tentang keberagamaan, moral, kepekaan sosial, dan daya kreatif.