1. Home
  2. Program

Ekstrakurikuler

SMP Muhammadiyah 8 Bandung menyadari betul ragam potensi dan kecerdasan yang dimiliki setiap peserta didik. Untuk memfasilitasinya, disediakan 17 jenis ekstrakurikuler yang dapat dipilih oleh peserta didik. Dilaksanakan setiap hari Jumatat, ekstrakurikuler ini menjadi salah satu saluran penanaman nilai-nilai Islami dan perwujudan visi-misi sekolah.

Image Content

Angklung

Angklung adalah alat musik tradisional dari Jawa Barat, terbuat dari bambu, yang dibunyikan dengan cara digoyangkan / digetarkan sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar. Sejak November 2010, UNESCO menetapkan angklung sebagai salah satu warisan budaya dunia. Tujuan dari Ekstrakurikuler ini adalah menjadikan individu yang disiplin, bertanggung jawab, saling menghargai dan mempunyai kreativitas dalam bidang seni dan pengendalian emosi secara bertahap serta mengerti terhadap proses.

Image Content

Gitar Akustik

Ekstrakurikuler gitar akustik memiliki tujuan yakni mengajar para peserta didik yang ingin belajar musik secara sistematis. Kelas ini dirancang oleh para instruktur senior yang telah berpengalaman di bidang ini. Dengan kurikulum yang terus dievaluasi dengan mengikuti perkembangan zaman serta pembelajaran yang mencakup teori dan praktek. Pelajaran yang ada dibuat sedemikian rupa agar dapat dicerna oleh orang yang baru pertama kali menyentuh alat musik hingga profesional.

Image Content

Vocal Group

Ekstrakurikuler vocal group memiliki anggota yang lebih sedikit dari paduan suara, yaitu kurang lebih 5-10 orang ditambah dengan 1-2 pemusik. Vocal group terdiri dari tiga sampai dengan delapan orang yang menyanyikan lebih dari satu suara. Perbedaan dari vocal group dengan paduan suara, yaitu vocal group lebih cenderung kepada jumlahnya yang lebih sedikit dari pada paduan suara, misalnya vokal paduan suara terdiri dari 20 pemain, sedangkan vocal group maksimal kira-kira kurang dari 10 pemain.

Image Content

English Club

Tujuan utama English Club adalah untuk meningkatkan kemampuan individu mengenai Bahasa Inggris, terutama keterampilan dalam berbicara di depan publik. Selain itu, siswa juga dapat menyalurkan kemampuannya dalam berbahasa inggris dengan mengikuti kompetisi sesuai dengan bidang yang diinginkan. Materi English Club meliputi Public Speaking, Storytelling, English Speech, News Casting, serta kegiatan-kegiatan lainnya.

Image Content

Japanese Club

Japanese Club adalah sebuah kegiatan ekskul yang kental dengan budaya Jepang. Club ini dibimbing oleh Mahasiswa bahasa Jepang Universitas Pendidikan Indonesia. Ekskul ini dibuka bagi siapa saja yang tertarik untuk mengenal keberagaman budaya Jepang lebih banyak, dan terutama berbagi mengenai budaya populer, misalnya anime dan manga. Selain itu ekskul ini dapat meningkatkan kemampuan bahasa Jepang, dan hangout dengan teman yang satu interest, hingga sampai membuat origami dll.

Image Content

Badminton

Indonesia merupakan Negara yang disegani di setiap kejuaraan badminton dunia. Tidak sedikit legenda badminton dunia lahir dari pemain Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Alan Budikusuma, Susi Susanti, Christian Hadinata, Liem Swie King yang dikenal sebagai the king of jumping, Rudi Hartono yang telah menjuarai All England sebanyak 8 kali, Taufik Hidayat, Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan yang sekarang menempati peringkat 1 dunia ganda putra, dan masih banyak lagi. Ekskul Badminton ini sangat digemari oleh siswa SMP Muhammadiyah 8 Bandung.

Image Content

Basket

Bola basket adalah olahraga bola berkelompok yang terdiri atas dua tim beranggotakan masing-masing lima orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan. Bola basket dapat di lapangan tertutup maupun terbuka dengan ukuran yang relatif tidak besar bila dibandingkan dengan sepak bola. Permainan bola basket lebih kompetitif karena tempo permainan cenderung lebih cepat jika dibandingkan dengan olahraga bola yang lain, seperti voli dan sepak bola. Ekstrakurikuler Basket di SMP Muhammadiyah 8 Bandung sangat diminati oleh Peserta Didik.

Image Content

Futsal

Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing beranggotakan lima orang. Tidak seperti permainan sepak bola dalam ruangan lainnya, lapangan futsal dibatasi garis, bukan net atau papan. Futsal adalah salah satu cabang olahraga sangat digemari di SMP Muhammadiyah 8 Bandung. Berdasarkan kenyataan tersebut, ekskul futsal perlu kiranya dibina dan dilatih sejak dini kepada siswa. Pembinaan dilakukan secara rutin baik pada jam pelajaran di sekolah maupun dengan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler.

Image Content

Karate

Karate (dalam bahasa Jepang: 空 手) merupakan salah satu seni bela diri yang berasal dari Jepang dan sedikit dipengaruhi dengan seni bela diri Cina kenpō dan hanya menggunakan tangan kosong tanpa bantuan senjata. Seni bela diri ini pertama kali masuk ke Jepang lewat Okinawa, dan pertama disebut dengan “Tote” yang memiliki arti seperti “Tangan China”.
Olahraga yang satu ini tentunya juga memiliki tujuan utama, yakni untuk mempertahankan sekaligus melindungi diri dari berbagai ancaman dan juga untuk menjaga kesehatan.

Image Content

Tapak Suci

Perguruan Seni Beladiri Indonesia Tapak Suci Putera Muhammadiyah atau disingkat Tapak Suci, adalah sebuah aliran, perguruan, dan organisasi pencak silat yang merupakan anggota IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia). Tapak Suci termasuk dalam 10 Perguruan Historis IPSI, yaitu perguruan yang menunjang tumbuh dan berkembangnya IPSI sebagai organisasi. Tapak Suci berasaskan Islam, bersumber pada Al Qur’an dan As-Sunnah, berjiwa persaudaraan, dan berada di bawah naungan Persyarikatan Muhammadiyah sebagai organisasi otonom yang ke-11.

Image Content

Voli

Bola voli adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain. Eskul Bola Voli sangat bermanfaat sekali untuk melatih fisik dan mental peserta didik.

Image Content

Panahan

Suatu kegiatan menggunakan busur panah untuk menembakan anak panah. Bukti-bukti menunjukkan bahwa sejarah panahan telah dimulai sejak 5.000 tahun yang lalu yang awalnya digunakan untuk berburu dan kemudian berkembang sebagai senjata dalam pertempuran dan kemudian menjadi olahraga ketepatan target. Seseorang yang gemar atau merupakan ahmi memanah disebut pemanah. Anak diharapkan dapat meningkatkan Konsentrasi, Fokus, Sabar, Ikhlas, Konsisten, Mandiri, Percaya diri

Image Content

Robotik

Tujuan Ekstrakurikuler Robotik adalah agar Peserta Didik mengenal dan menguasai teknologi robotik dan mampu membuat berbagai inovasi kreatif dengan memanfaatkan skill teknologi. Siswa-siswi akan belajar robotik dengan kurikulum dan activity materials My Robo yang khusus dibuat untuk keperluan edukasi robotik. Siswa diajak belajar robotik secara alami melalui aktivitas praktik mengenai desain, konstruksi, tingkah laku robot, sistem kontrol, sensor, pemrograman robot, dan lain-lain. Selain itu siswa juga akan diarahkan untuk mengikuti berbagai macam perlombaan atau olimpiade robotik.

Image Content

Desain Grafis

Ekstrakurikuler Desain Grafis adalah sebuah ekstrakurikuler yang menjadi suatu wadah untuk mengaplikasikan apresiasi siswa – siswi SMP Muhammadiyah 8 Bandung dalam berkreasi dalam menggambar digital. Desain Grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) yang memberikan kebebasan pada sang designer untuk memilih, menciptakan atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan dengan tujuan memproduksi.

Image Content

Fotografi


Ekstrakurikuler fotografi adalah ekskul yang akan mengajarkan siswa dan siswi yang berminat mengikuti ekskul ini tentang kamera SLR (Single Lense Reflex) dan DSLR (Digital Single Lense Reflex) dan teknik-teknik dalam fotografi. Ekskul ini termasuk ekskul yang banyak diminati oleh siswa dan siswi SMP Muhammadiyah 8 Bandung

Image Content

Renang

Renang merupakan olahraga atau permainan yang menyenangkan bagi Peserta Didik, dan juga merupakan olahraga yang memberikan kebugaran yang baik sekali kepada kesehatan badan dan jasmani, diantaranya:

  • untuk meningkatkan stamina.
  • untuk melatih otot-otot tubuh
  • untuk melatih jantung dan paru-paru bekerja secara lebih efisien, yang mana memberikan sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh
  • untuk melatih daya mengapung ketika latihan, dan juga untuk mengurangi ketegangan pada tubuh
Image Content

Hizbul Wathan

Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (disingkat HW) adalah salah satu organisasi otonom (ortom) di lingkungan Persyarikatan Muhammadiyah. HW didirikan pertama kali di Yogyakarta pada 1336 H (1918 M) atas prakarsa KH Ahmad Dahlan, yang merupakan pendiri Muhammadiyah. 

HW berasaskan Islam. HW didirikan untuk menyiapkan dan membina anak, remaja, dan pemuda yang memiliki aqidah, mental dan fisik, berilmu dan berteknologi serta berakhlak karimah dengan tujuan terwujudnya pribadi muslim yang sebenar-benarnya dan siap menjadi kader persyarikatan, umat, dan bangsa.

Image Content

Tahsin dan Tahfidz

Program Ekstrakurikuler Tahsin dan Tahfidz ini bertujuan untuk mencetak siswa siswi  agar mempunyai giroh semangat dalam menjaga dan mendakwahkan Al Qur’an, sehingga menjadikan generasi Qur’ani mempunyai karakter akhlak muttaqin yang selalu berpegang teguh pada Al Qur’an dan Hadits.