SMP Mudal Kunjungi Sekolah di Malaysia dan Thailand

Selasa, 04 Februari 2020, 08:36:49 WIB || Dibaca 63  


SMP Muhammadiyah 8 Bandung mendapatkan kehormatan untuk berkunjung ke sekolah menengah Kebangsaan Taman Melawati Malaysia dan Sekolah Bumrungsuksa Thailand. Kegiatan ini dalam rangka Program Cultural and Educational Visit Program, serta menjalin kerjasama luar negeri dibidang pendidikan dan kebudayaan diantara dua sekolah tersebut.

Kegiatan berlangsung dari tanggal 13-16 Januari 2020. Sesi pertama para siswa berkegiatan bebas mengexplore Negara Singapura dengan mengunjungi tempat - tempat seperti Garden by the Bay, Melrlon the Park, Bugis Street dan Sentosa Island. Para siswa begitu takjub melihat kemajuan Negara Singapura.


Sesi kedua para siswa dan guru belajar di Sekolah Menengah Kebangsaan Taman Melawati Malaysia. Ada sedikit perbedaan yang mencolok sekolah menengah di Indonesia dan Malaysia. Di Malaysia, ada beberapa macam tipe sekolah yaitu Sekolah Menengah Kebangsaan yang memakai bahasa Melayu sebagai pengantar, dan Sekolah Jenis Kebangsaan yang menggunakan bahasa Inggris, Mandarin ataupun Tamil sebagai pengantar. Secara umum, lamanya pendidikan dasar di Malaysia sama dengan di Indonesia yaitu enam (6) tahun. Pada akhir tahun keenam, pelajar akan mengikuti ujian UPSR (Ujian Penilaian Sekolah Rendah). Setelah lulus ujian UPSR, pelajar meneruskan ke sekolah menengah yang boleh dibagi menjadi dua (2) tingkat. Tingkatan 1 sampai 3 disebut dengan Menengah Rendah atau Form 1-3, sedangkan tingkatan 4 sampai 5 disebut Menengah Atas atau Form 4-5 di mana pelajar ditawarkan program khusus seperti sains, sastra dan teknikal.

Kegiatan di sekolah Menengah Taman Melawati Malaysia begitu menarik, kegiatan dimulai dengan penandatanganan Mou kerjasama. Setelah itu kedua sekolah saling mempertunjukan tarian kebudayaan. Kegiatan dilanjutkan dengan Team Building, Cooking Class dan Permainan Petong. Siswa dari SMP Muhammadiyah 8 dan dari Sekolah Taman Melawati sangat antusias sekali dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Setelah selesai melaksanakan kegiatan di Malaysia. Rombongan SMP Muhammadiyah 8 Bandung melanjutkan perjalanan menuju Thailand. Jarak Kualalumpur - Hat Yai Thailand kurang lebih 450 KM. Hat Yai merupakan daerah Thailand Selatan yang berbatasan langsung dengan Malaysia.


Sekolah Bumrungsuksa Thailand merupakan tempat kami melaksanakan kegiatan pembelajaran di Thailand. Sekolah Bumrungsuksa merupakan sekolah muslim di Hat Yai. Penduduk Thailand mayoritas beragama Budha, Islam hanya 10 % dari jumlah penduduk. Kami Sangat terharu dengan semangat sekolah Bumrungsuksa yang terus eksis ditengah - tengah masyarakat non Muslim.


Alhamdulilah kegiatan demi kegiatan berjalan lancar selama kurang lebih enam hari berada di 3 Negara. Semoga kegiatan Cultural and Educatuonal Visit Program ini bisa mendapatkan pelajaran berharga bagi para siswa SMP Muhammadiyah 8 Bandung.

Sampai jumpa dikegiatan Educational.Visit Program tahun 2021.{cv}