MUDAL CHOICE AWARDS 2019

Rabu, 18 September 2019, 08:34:47 WIB || Dibaca 89  


Jika kita bertanya kepada kesiswaan disetiap sekolah, apakah ada buku Tata Tertib dan Sanksi, jawabanya  pasti ada. Tapi jika diitanya pedoman atau program penghargaan untuk siswa terkadang tidak ada. Adalah tidak berimbang dan tidak fair bila sekolah atau pendidik menerapkan hukuman pada saat peserta didik melakukan kesalahan tetapi tidak memberikan penghargaan pada saat mereka melakukan hal yang benar. Seperti kebanyakan orang, peserta didik juga mengharapkan penghargaan sebagai apresiasi terhadap hasil yang dicapainya. Penghargaan dapat meningkatkan kepercayaan diri peserta didik dan menumbuhkan motivasi eksternal untuk lebih mengembangkan diri.

Menurut Ilmuan Psikolog Abraham Maslow (1908-1970), Professor di Universitas Brandeis yang memperkenalkan konsep hirarki kebutuhan (hierarchy of need). Kebutuhan Penghargaan berada diurutan empat.  Penghargaan didalamnya terdapat kepercayaan dan penghormatan diri, yang didasari pada kemampuan serta pengetahuan diri yang dihargai oleh orang lain.

Setelah kebutuhan penghargaan tercapai maka peserta didik bisa berada dipuncak piramida tertinggi untuk mengaktualisasikan potensi yang dimiliki.

Tapi budaya mencemooh atau menghina di +62 sangat rame sekali. sebagai contoh kejadian kemarin Tim Nasioanl Indonesia kalah dari Malaysia yang dicemooh oleh pendukungnya sendiri. Begitupun Atlit Badminton ketika kalah di ajang Asian Games. ketika dihina dan dicemooh maka otomatis semangat dan potensi yang dimiliki tidak akan teraktualisasi.

Kami SMP Muhammadiyah 8 Bandung yang beralamat di Jl. Kadipaten Raya No.4-6 Antapani Bandung, sedang belajar untuk menghargai dan memberikan motivasi kepada peserta didik, supaya bisa mengaktualisasikan potensi diri. Adapun jenis penghargaan dibagi dua Sesi dalam satu tahun. Ada penghargaan tentang karakter di semester pertama dan penghargaan prestasi Akademik dan Non Akademik di Semester 2.

 

Untuk penghargaan tentang akhlak terpuji dan karakter kami beri nama Mudal Choice Awards. Adapun kategorinya sebagai berikut :

 

  1. The Most Creative Person of the Year
  2. The Most Polite Person of the Year
  3. The Most Diligent Person of the Year
  4. The Most Active Person of the Year
  5. The Most Honest Person of the Year
  6. The Most Commendable Person of the Year
  7. The Most Literate Person of the Year
  8. The Most Friendly Person of the Year
  9. The Most Discipline Person of the Year
  10. The Most Digital Person of the Year
  11. The Best Photographer of the Year
  12. The Best Videographer of the Year
  13. Cyclist Person Op The Year
  14. Environmentalist Of The Year
  15. Sportman Of The Year
  16. Artist Of The Year
  17. The Earliest Student Of The Year

 

Kegiatan Mudal Choice Awards sudah memasuki tahun kedua. Ada 5 Tahapan dalam kegiatan ini yaitu : Sosialisasi, Pendaftaran Nominasi, Penilaian dan Pengumuman. Sekarang baru memasuki tahapan Pendaftaran. Mangga yang ingin mengetahui keseruan acara MCA 2019 bisa berkunjung ke Antapani 5 Oktober 2019.

Semoga dengan program penghargaan ini, bisa menjadikan siswa SMP Muhammadiyah 8 Bandung menjadi pribadi yang unggul dan berakhlakul karimah. (CV)

coming soon stay tuned